Hadiri TTG Nasional Di Parimo, Nelson - Fory Dipasangkan Sigi - Sampolu

Limbto,: Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Dr.Fory Naway ,Rabu (27/9/2017) hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional  XIX  tahun 2017 di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.
Kedatangan Bupati Dan Ketua PKK ini disambut layaknya menyambut kedatangan Raja dan Ratu.
terlihat semenjak turun dari DM I B ,keduanya disambut adat oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Parigi moutong Mahmud Tanjun,SH,MH.Penyambutan terlihat Nelson-Fory pasangkan toga Siga dan Sampolu di pintu Gerbang memasuki lokasi katulistiwa Parimo  pelaksanaan TTG Nasional.
Siga adalah toga kerajaan kaili dan sampolu adalah jilbab untuk ratu bagi warga kaili sulawesi tengah.
"Pemakaian siga atau Sampolu adalah bentuk pemberian penghormatan kepada pejabat atau tamu ketika  datang di daerah kami," Ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Parigi moutong Mahmud Tanjun ditemui oleh Awak peliputan.
Ia,Mahmud menjelaskan terlihat sigi  dan sampolu dikenakan pada Bupati dan ketua PKK Kabupaten Gorontalo sepertinya juga menghargai kepada raja atau ratu kaili.
Terlihat Sigi untuk raja dan sampolu untuk ratu.Warnanya pun merah diartikan bahwa yang datang sebatas tamu atau orang luar sulewesi  tengah.demikian pula untuk sigi dan sampolu warna kuning menadakan bahwa yang memakainya adalah tuan rumah.Jelanya.
Bupati Nelson dimintai tanggapannya menyampaikan,Ini adalah bentuk penghormatan bagi kami dari Kabupaten Gorontalo.
"Pakaian adat kerajaan kaili.Ucapan setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan masyarakat Parigi Moutong yang sudah menerima dan menyambut baik kedatangan kami dalam rangka pelaksanaan TTG Nasional Ke- XIX tahun 2017,"Ujar Nelson. (Irfan Mohamad)








Comments

Popular Posts