Dr. Fory Paparkan Pentingnya Pokja Pendidikan Keluarga Bagi Anak













Limboto,- pada pelaksanaan rapat koordinasi kelompok kerja (Pokja) Pendidikan keluarga dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Gorontalo tahun 2017 Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway didaulat menjadi salah satu Nara Sumber.

Wanita yang juga Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo pada kesempatan tersebut memaparkan pentingnya pokja pendidikan keluarga.

Dr. Fory sampaikan, pentingnya kelompok kerja pendidikan bagi anak. Peran keluarga adalah pendidik yang pertama & utama.

Selama ini banyak keluarga yang masih menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pendidikan anak pada sekolah.

"Peran sekolah adalah membantu keluarga agar pendidikan anak dapat terlaksana secara lengkap, sistematis, efektif dan hasilnya tersertifikasi," Katanya.

Oleh karena itu, Untuk mencapai hasil yang optimal wanita yang berlatar belakang dosen ini menegaskan, kerja sama keluarga dengan satuan pendidikan mutlak diperlukan.

"Sekolah sebagai pihak penyedia layanan wajib bekerjasama dengan keluarga dalam memajukan pendidikan anak mereka," Tegas Dr. Fory Naway.


Berangkat dari hal itu, Perlunya pembentukan pokja pendidikan bagi anak.Fungsi pendidilan keluarga khususnya terkait pelibatan keluarga disatuan pendidikan menjadi tanggung jawab lintas bidang yang membina pendidikan, mulai PAUD hingga SMA/SMK, termasuk SLB dan PNF.

lebih lanjut Fory menambahkan Pokja pendidikan bagi anak berfungsi juga pelibatan unsur masyarakat pegiat pendidikan seperti dewan pendisikan, organisasi profesi dan pegiat serta berkoordinasi dengan dinas terkait seperti dinas kesehatan sosial, BKKBN, Pemberdayaan perempuan dan perlindungam anak, BNN dll.

selanjutnya dalam pokja ini implementasi diperlukan koordinasi dan sinergi yang efektif antar bidang, sektor dan pegiat.

"Pokja pendidikan keluarga diharapkan menjadi wadah koordinasi ,sinergitas dengan tujuan meningkatkan efektifitas koordinasi pelaksanaan pendidikan keluarga dengan berbagai instansi/lembaga/organisasi terkait,"pungkas Dr.Fory

selain itu,tujuan pokja pendidikan dapat meningkatkan kapasitas pengawasan sekolah penilik pendidikan, nonformal, pelatih/fasilitator pendidikan keluarga dalam rangka pendampingan, asistensi dan suvervisi pelaksanaan program pendidikan keluarga dikeluarga, satuan pendidikam dan masyarakat.


"kelompok kerja pendidikan keluarga selanjutnya, disebut Pokja pendidikan keluarga sebuah kelompok kerja pada dinas pendidikan provinsi dan dinas pendidilan Kab/Kota untuk membantu program pendidikan keluarga," Terangnya Lagi.

diakhir paparannya Dr. Fory Naway meniripkan pesan, Fungsi pokja pendidikan keluarga bagi anak adalah menampung dan menganalisis berbagai aspirasi, ide dan kebutuhan pendidikan keluarga dari satu pendidikan dan masyarakat.

"melakukan supervisi ,monitoring,dan evaluasi penyelenggaraan program pendidikan keluarga," Tutup Dr. Fory Naway. (Irfan Mohamad).

Comments

Popular Posts