Prof Nelson "Pemuktahiran Data Masyarakat Miskin Harus Segera Di Laksanakan, Agar Setiap Bantuan Bisa Tepat Sasaran"













Limboto.- Dalam acara Sosialisasi Mekanisme Pemuktahiran Mandiri (MPM) dan Launching Elektronik Rumah Tangga Sasaran (E-RTS) di Rangkaikan Dengan Pembinaan Oleh Bupati Gorontalo kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Gorontalo Tahun 2017 yang bertempat di Gedung kasmat lahay senin. 09/10/2017.

Pada kesempatan itu Drs. Cokro R. Katili. ME selaku Kepala Badan Perencanaan Kabupaten Gorontalo menyampaikan pentingnya Pendataan Akurat tentang masyarakat miskin yang berada di desa-desa sehingga bisa berdampak baik bagi penyaluran bantuan kepada masyarakat miskin.
"saat ini Kabupaten Gorontalo sudah mempunyai data Pertabi hasil dari 2015, sehingga kami akan melakukan pemutahiran data atau update. caranya desa itu kita akan jadikan basis pendataan di mana kita merekrut Kepala Seksi Kesejahteraan sosial yang kemarin baru saja di angkat mungkin juga ada yang sudah memiliki Rumah Dataku maka itu yang kita gunakan sebagai lokasi pendaftaran.

pendaftaran di harapkan di lakukan secara aktif dan mandiri, jadi bagi masyarakat yang merasa dirinya miskin bisa langsung mendaftar di kelurahan atau di desa dengan menyertakan identitasnya" kata Cokro R Katili dalam sambutanya.

Dengan Nomor Identitas pendaftar maka kita akan mengintegrasikan dengan data yang berada di Pemerintah Daerah, harapan kami yaitu mengurangi Inflesion error ataupun orang-orang yang selama ini tidak terdaftar sebagai fakir miskin oleh desa, atau terlewati dalam pendataan yang menjelaskan bahwa orang itu benar-benar miskin. ataupun sebaliknya Dia terdaftar sebagai orang miskin tapi ternyata dia Bukan lagi orang Miskin. kiranya sistem ini yang kita akan perbaiki sehingga Lebih Akurat lagi." Pungkas Drs. Cokro R. Katili. ME

pada acara Sosialisasi Mekanisme Pemuktahiran Mandiri (MPM) dan Launching Elektronik Rumah Tangga Sasaran (E-RTS) hadir Wakil Bupati Hi. Fadli Hasan ST. M.Si dan Ibu Ir. Hadijah U. Tayeb.  MM selaku Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo dan Seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan para Camat-Camat dari 19 kecamatan  dan 188 Lurah dan Kepala desa dari 205 desa dan Kelurahan yang berada di Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Prof. Nelson Mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dengan adanya Pemutakhiran data Kemiskinan di tingkat desa dan kelurahan ini, maka tingkat kemiskinan di Kabupaten Gorontalo akan tertangani dengan baik.
"sistem ini Harus kita perbaiki sehingga tidak akan terjadi lagi penyerahan bantuan yang tidak tepat sasaran, dengan Update Data Kemiskinan dari tingkat kelurahan/desa maka angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo dapat kita tekan.

kita lihat penurunan siknifikan kemiskinan di desa-desa semakin baik contohnya di kelurahan kayubulan kecamatan limboto tahun kemarin angka kemiskinan mencakup 17% di tahun 2016, dan sekarang telah turun 3% menjadi 14% di tahun 2017.
ini yang harus kita dorong, saya harap di kelurahan-kelurahan ataupun di desa-desa lainya kita bisa menekan angka kemiskinan sehingga untuk mencapai Gorontalo Gemilang yang kita semua cita-citakan bisa terwujud." Prof. Nelson dalam sambutanya. (Ided Creaps)




Comments

Popular Posts